1. Sebutkan dan jelaskan lima peran guru dalam proses pembelajaran (80-100 kata)

Jawab: Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu :

  1. Peran guru sebagai perencana (planner), guru harus mempersiapkan semuanya apa yang akan dilakukan dalam proses belajar mengajar.
  2. Peran guru sebagai pelaksana (organizer), selama proses pembelajaran berlangsung guru harus dapat menciptakan situasi yang menggerakkan dan mengarahkan kegiatannya sesuai dengan rencana pembelajaran dimana guru harus bertindak sebagai seorang sumber yang bijaksana.
  3. Peran guru sebagai penilai (evaluator), guru harus menganalisa, menafsirkan dan akhirnya memberikan pertimbangan atas tingkat keberhasilan proses pembelajaran sesuai dengan criteria yang ditetapkan.
  4. Peran guru sebagai administrator, guru tidak hanya menjadi pengajar dan pendidik tapi juga sekaligus menjadi administrator yang membuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar, dan sebagainya.
  5. Peran guru sebagai model atau contoh bagi anak, tingkah laku guru harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat karena setiap anak mengharapkan guru mereka menjadi model atau contoh baginya.

 

  1. Sebutkan dan jelaskan tujuh keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru (120-150 kata)

Jawab: Keterampilan dasar mengajar yaitu:

  1. Keterampilan memberi penguatan, keterampilan ini bermaksud untuk member motivasi kepada siswa, untuk mengontrol atau mengubah tingkah laku siswa yang mengganggu dan sebagainya.
  2. Keterampilan bertanya, digunakan untuk meningkatkan perhatian dan rasa ingin tahu siswa, mengembangkan proses pembelajaran secara aktif, serta untuk memfokuskan pada suatu konsep masalah.
  3. Keterampilan variasi, guru harus bisa membentuk sikap positif melalui penyajian gaya belajar yang bervariasi sehingga meningkatkan iklim belajar siswa.
  4. Keterampilan menjelaskan, guru harus mampu membimbing anak didik untuk memahami dan memecahkan masalah atau pertanyaan-pertanyaan, dan mengatasi kesalahpahaman mereka dalam tingkat pemahamannya.
  5. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, untuk mendorong anak didik mengahadapi materi yang akan diberikan dan memotivasi mereka untuk semangat belajar.
  6. Keterampilan mengelola kelas, agar bisa menciptakan suasana kelas yang bisa membangkitkan semangat belajar peserta didik.
  7. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, supaya peserta didik dapat meningkatkan pemahamannya terhadap hal-hal baru yang dianalisis bersama-sama.

 

  1. Sebutkan standar kompetensi guru mata pelajaran geografi dalam bentuk table.

Jawab:

Kelas

Semester

Standar Kompetensi

X

1

  1. 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek  geografi

2. Memahami sejarah pembentukan bumi

X

2

3. Menganalisis unsur-unsur geosfer

XI

1

1. Menganalisis  fenomena biosfer dan antroposfer

2. Memahami Sumber Daya Alam

XI

2

3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup

XII

1

1. Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *)

XII

2

3. Menganalisis  wilayah dan pewilayahan

 

  1. a. Apakah apersepsi (15-25 kata)

Jawab: Menyampaikan tujuan pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini dan menghubungkan materi pelajaran yang sudah dimiliki oleh siswa dengan materi yang akan dipelajari oleh siswa.

 

b. Sebutkan dua cara yang dapat dilakukan guru dalam apersepsi (20-30 kata)

    Jawab: 1. Mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.

2. Meminta siswa mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

5. a. Apakah yang dimaksud penyimpulan pada kegiatan penutup pembelajaran (15-25 kata)

Jawab: Merupakan kegiatan penutup proses pembelajaran dengan melakukan refleksi dan menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran dan penguasaan konsep siswa terhadap materi pembelajaran yang baru dipelajari.

b.Berikan dua contoh kegiatan guru memfasilitasi siswa membuat penyimpulan materi pembelajaran (20-30 kata)

Jawab: 1. Melakukan refleksi bersama-sama antara siswa dan guru sehingga siswa bisa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.

2. Dengan menjelaskan materi pembelajaran secara jelas dan dapat dimengerti oleh siswa, itu juga bisa membuat siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

6. a. Apakah yang dimaksud refleksi pembelajaran? (15-25 kata)

Jawab: Refleksi adalah mengingat kembali tentang materi yang telah disampaikan sebelumnya dan berpikir tentang apa yang baru dipelajari.

b. Apakah yang dimaksud tindak lanjut terhadap refleksi (15-25 kata)

Jawab:  Tindak lanjut terhadap refleksi adalah diadakannya revisi terhadap hasil pembelajaran dari perencanaan yang telah dilaksanakan dan digunakan untuk memperbaiki kinerja guru untuk pertemuan berikutnya.

c. Sebutkan lima produk dari tindak lanjut? (15-25 kata)

Jawab:  1. Membahas kembali materi pelajaran yang belum dikuasai siswa

2. membaca materi dari sumber lain

3. memberikan tugas atau latihan yang harus dikerjakan di rumah PR

4. menginformasikan topic yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya

5. memberikan motivasi atau bimbingan belajar